PDAM Balikpapan

UNIBA DAN PDAM BALIKPAPAN KE WADUK MANGGAR MELIHAT LANGSUNG KENAIKAN LEVEL AIR

Share

UNIVERSITAS BALIKPAPAN KE WADUK MANGGAR MELIHAT LANGSUNG KENAIKAN LEVEL AIR

Tanggal 23 Juli 2016 Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Dan Perencanaan UNIBA khususnya semester 6 melakukan kunjungan lapangan ke Waduk Manggar Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dalam rangka agenda visualisasi mata kuliah Pengembangan Sumber Daya Air (PSDA).

Waduk Manggar adalah sumber utama air bersih PDAM Balikpapan untuk penduduk kota Balikpapan, Kalimantan Timur.  Waduk yang dibangun oleh Perusahaan Belanda Iwako pada tahun 1982 ini telah mengalami 3 kali pembangunan yaitu pada tahun 1985, 1991 dan 2006. Saat ini Waduk Manggar memiliki luas 500 ha dan daya tampung sebesar 16.000.000 m3 air.

 

 

Sebanyak 59 mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan UNIBA melakukan kunjungan ke Waduk Manggar Balikpapan pada hari sabtu, 23 Juli 2016 yang didampingi oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan yaitu Bapak Rahmat, ST., MT. , 2 dosen pengampu mata kuliah PSDA yaitu Bapak Wahidin Alaudin, SP., MURP. , dan 2 dosen Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan yaitu Bapak Ir. H. Mustakim, M.Si dan Ibu Martheana Kencanawati, ST., MT. Sambutan istimewa pun dipersiapkan pihak Waduk Manggar khusus menyambut Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan UNIBA. Dengan disambut langsung oleh Pihak Waduk Manggar dari pihak PDAM Bapak Suryo Hadi Prabowo selaku staf Hubungan Pelanggan,Penanggung jawab tehadap lingkungan sekitar Waduk Manggar Pak Darto selaku Kasubag. Sumber Air Baku PDAM Kota Balikpapan beserta beberapa staff Waduk Manggar . Sambutan dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Uniba, Dosen Pengampu dan Pak Suryo Hadi Prabowo dari pihak PDAM.

 

“kemarin PDAM tidak maksimal, mengingat kondisi Waduk yang terus menyusut dan hujan yang tidak maksimal. Kalaupun hujan turun hanya turun di kota tidak turun di daerah tangkapan waduk manggar, nah itulah yang membuat air terus diambil tetapi tidak ada volume yang bertambah dimana tanggal 20/7 : level waduk 5,37 meter, ada penyusutan terhadap level Waduk, kemudian pada sore harinya Hujan turun cukup Deras di DAS Manggar (20/7), sehingga pada hari Kamis ini tanggal 21 Juli 2016 Level waduk manggar mengalami kenaikan menjadi 5,41 meter. Dan alhamdulillah 2 hari hujan terjadi perubahan yang signifikan dari level dibatas krisis sudah di posisi tengah-tengah (Cukup Aman)” ujar bapak Pak Suryo Hadi dalam sambutannya (23/7/2016) menjadi level 7,32 meter.

 

Setelah sambutan dilakukan penerimaan Plakat oleh Pihak Waduk Manggar dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UNIBA yang dilakukan oleh Dekan FTSP Bapak Rahmat, ST., MT. Lalu dilakukan paparan atau presentasi secara langsung di dekat waduk mengenai Waduk Manggar Kota Balikpapan oleh Pak Darto dan Pak Jarot salah satu staff lapangan. Penjelasan yang diberikan begitu rinci meliputi Waduk Manggar itu sendiri, sejarah, kondisi saat ini, perawatan dan lain-lain.

Selain itu kami juga di ajak menuju salah satu bagian Waduk Manggar yaitu Spillway, di sini kami dijelaskan bahwa Spillway ini berfungsi sebagai pengatur ketinggian air waduk agar tidak tejadi kelbihan kapasitas air.

Agenda kunjungan ini pun diakhiri pukul 12.30 WITA dengan makan bersama sebagai acara penutup. Tampaknya, para mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan UNIBA cukup puas dengan kunjungan lapangan yang di lakukan di Waduk Manggar Kota Balikpapan.

 

“saya merasa senang dan bangga sekali karena dengan adanya agenda ini, sebab ilmu visual yang dilakukakn secara langsung dilapangan lebih menyenangkan dibanding hanya teori. Semoga dengan fieldtrip ini bisa menambah ilmu dalam pengetahuan kami mengenai waduk , selain itu kedepannya bisa melakukan kegiatan seperti ini lagi.” Ujar Andi Ashhabul Kahfi, salah satu mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Balikpapan (23/7/2016).

Sahabat PDAM Bpp

 

 

Facebook

 

Add :

 

Pdam Kota Balikpapan

 

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

Anda disini: Home UNIBA DAN PDAM BALIKPAPAN KE WADUK MANGGAR MELIHAT LANGSUNG KENAIKAN LEVEL AIR