PDAM Balikpapan

Darurat : PDAM Kota Balikpapan Mendadak melakukan STOP Produksi Air pada IPAM Km.8 Batu Ampar

Share

Darurat : PDAM Kota Balikpapan Mendadak melakukan STOP Produksi Air pada IPAM Km.8 Batu Ampar

 

·        Tanah tidak stabil, Pipa Transmisi Air Baku Diameter 700mm Steel di Jalur Km.12 “JEBOL.”

·        Darurat 48 % Pelayanan Distribusi Air Terganggu

 

Baru saja PDAM melakukan perbaikan pipa bocor di dua Lokasi yang berbeda, yaitu pipa Distribusi diameter 250mm PVC di Jl. Mt. Haryono (Dekat Dealer Mazda) dan pipa Transmisi Air baku diameter 600mm steel di Lokasi Hutan Transad KM.8 Kompi. A, kini mengalami gangguan lagi diluar dari kendali kemampuan PDAM, yaitu Pipa Transmisi Air Baku lebih besar dengan Diameter 700mm Steel tepatnya dilokasi Kebun warga yang berada di KM.12 mengalami kebocoran yang cukup berat, hal yang perlu diketahui karena kondisi alam yang tidak mungkin dielak, kemudian keadaan tanah cukup berlembab karena hujan yang intens turun sehingga terjadi pergerakan tanah yang mempengaruhi kekuatan pipa tersebut, apalagi jalur pipa transmisi air baku 700mm steel, termasuk katagori pipa yang sangat besar dan Rutin beroperasi dalam menghantarkan Air Waduk Manggar menuju Instalasi Pengolahan Air Minum KM. 8 Batu Ampar, dengan Tekanan daya dorong Pompa yang tinggi.

 

 

Yang di khawatirkan Ketika tekanan daya dorong air tinggi, kemudian kondisi tanah dalam keadaan basah dan berlembab maka akan beresiko terjadinya pergerakan tanah yang dapat menggeser jalur pipa tersebut, sehingga dapat terjadinya kebocoran pipa bahkan jebol, Dan Hal ini pun terjadi, Pipa Transmisi Diameter 700mm steel bocor pada hari ini Rabu, 26 Oktober 2016, tepatnya jam 17.30 Wita, Tim PDAM melihat kejanggalan dari turunnya Kapasitas Produksi di IPAM KM.8 Batu Ampar. Melihat dari kerusakan tersebut Haidir Effendi selaku Dirut PDAM Kota Balikpapan meminta tim Teknis untuk melakukan STOP Produksi sementara waktu pada IPAM KM.8 Batu Ampar dan segera melakukan perbaikan dijalur tersebut, sampai hari ini pada jam 18.28 Wita, Tim Teknis sudah berada dilokasi kerusakan untuk melakukan perbaikan mulai malam hari ini juga, diupayakan perbaikan 1 x 24 Jam mulai jam 19.30 Wita s/d selesai, lebih cepat lebih baik.

 

 

Anang Fadliansyah selaku Dirtek PDAM Kota Balikpapan, menyampaikan “kondisi kerusakan termasuk cukup rumit, karena ini Pipa besar 700mm,” ujarnya, tapi PDAM tetap mengupayakan pekerjaan 1 x 24 Jam, apabila pekerjaan tersebut diluar dari Target yang diharapkan, kami tetap akan menginformasikan secara terbuka tentang keadaan permasalahan dilapangan melalui media masa dan media sosial, agar masyarakat sama-sama memantau dan mengetahui kondisi perkembangan selama proses perbaikan pada pipa jalur tersebut.

 

Haidir  memahami kepada sebagian warga yang baru saja mengalami STOP distribusi air lebih awal, tepatnya beberapa hari yang lalu akibat kerusakan pipa 250mm PVC, dimana berimbas pada pelanggan di daerah Jl. Mt. Haryono dari Rumah Sakit Kanujoso, Perum Wika, Balikpapan Baru dan Kampung Timur, dan malah sekarang berimbas mencakup 48 % Pelayanan Distribusi Air yang dari IPAM KM. 8 Batu Ampar Terganggu, sekali lagi dalam hal pelayanan yang tidak maksimal ini, PDAM Kota Balikpapan menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, terutama bagi pelanggan yang mengalami air tidak mengalir lebih awal.

 

Untuk kebutuhan air tangki pelanggan dapat memesan melalui telepon di 0542 876468 selama Jam Kerja, dimana pelanggan wajib menyebutkan Nomor Rekening Air, Alamat ancar ancar Lokasi Rumah Pelanggan, atau bisa juga untuk memastikan urutan antrian pengiriman air tangki, pelanggan dapat memesan langsung dengan mengunjungi Posko Tangki yang berada di Jl. MT. Haryono depan Kantor Catatan Sipil, Imbuh Haidir.

 

 

Daerah yang mengalami gangguan Distribusi Air :

Produksi IPAM KM. 8 BATU AMPAR : Rumah Sakit Umum, RSS Damai III, Komp.PGRI Damai III, Perum Kopri, Perum PT.HER Mandiri, Komp.Perusda, Komp. Bumi Sepinggan Baru, Komp.PLN Spala, Villa Damai Indah, Perum Depsos Ringroad, Perum. WIKA, Komp. Pemda BB, Boster AMD sungai Ampal, Perum H.Ruslan Gn.Guntur, Perum.Pelabuhan Gn.Guntur, Gn. SMD Strat I s/d Strat VI, Jl. Patimura, Jl.Kp.Timur, Jl.Wonorejo, Jl. Sumber Rejo, Jl. Kr.Rejo s/d gg.Buntu, Gg.Rohani, KM09 Komp.AD, KM08, Komp. Klaus Reppe, Komp.Bangun Reksa, Perum PDAM, Perum.Graha Indah, Perum Bhumi Nirwana Indah, Perum.Adi Guna Unggul, Perum Mandastana, Perum Batu Ampar Lestari, Perum.R amayana, Jl.Brantas, Komp.Perumnas, Jl.Telindung, Jl.Padat Karya,Inpres I s/d IV, Perum.Somber, Jl. Gn.Satu, Jl.Gn.Empat, Jl.Gn.Bugis, Asrama Bukit, Sidomulyo, Kp.baru Ujung, Jumpi, Sidodadi, Jl.Borobudur, Kamp.Baru lir, Gn. Polisi, seluruh aliran dari IPAM BATU AMPAR.

 

Sahabat PDAM Bpp

 

 

Facebook

 

Add :

 

Pdam Kota Balikpapan

 

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

Anda disini: Home Darurat : PDAM Kota Balikpapan Mendadak melakukan STOP Produksi Air pada IPAM Km.8 Batu Ampar