PDAM Balikpapan

Tarif Air PDAM Naik 9,41 Persen

Share

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manggar Balikpapan secara resmi menaikkan tarif dasar air sebesar 9,41 persen sesuai dengan kelompok masing-masing. Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Balikpapan Gazali Rakhman, dalam konferensi pers, kemarin.

Menurutnya formulasi kenaikan tarif diambil dari tingkat inflasi di Balikpapan ditambah dengan 3 persen. “Kita sudah terima surat resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Balikpapan bahwa inflasi Balikpapan di tahun 2012 sebesar 6,41 persen. Ditambah dengan 3 persen, diputuskan kenaikan harga air sebesar 9,41 persen,” terang Gazali.

 

Ia menjelaskan penambahan 3 persen tersebut merupakan keamanan investasi, antisipasi kenaikan harga ekstrem dan time lag inflasi. Dengan demikian, kenaikan tarif tersebut mulai berlaku 1 Januari 2013 dan dibayar di Februari mendatang.

Sementara dasar penyesuaian tarif air PDAM adalah Permendagri Nomor 23 Tahun 2006 tentang Pedoman Teknis dan Tata Cara Pengaturan Tarif Air Minum pada PDAM. Juga Perda Kota Balikpapan Nomor 03 Tahun 2008 tentang PDAM Kota Balikpapan.

Selanjutnya adalah Perwali Nomor 19 Tahun 2010 tentang Sistem Penyediaan Air Minum dan Keputusan Direksi PDAM Kota Balikpapan Nomor 1 tahun 2013 tentang Penyesuaian Tarif Air Minum PDAM Balikpapan.

Gazali menjelaskan, PDAM telah melakukan berbagai pertimbangan sebelum melakukan penyesuaian tarif. “Hitungan standarnya, pemakaian air PDAM itu hanya 10 kubik per bulan per kepala keluarga. Jika pemakaiannya di atas 10 kubik, berarti orang tersebut tergolong orang mampu. Tidak ada alasan untuk keberatan dengan harga baru,” ungkapnya.

Sementara, lanjut Gazali, syarat kenaikan tarif PDAM adalah tidak lebih mahal dari 4 persen Upah Minimum Kota (UMK) Balikpapan. “Kita tahu UMK sebesar Rp 1.752.500. Itu 4 persennya adalah sekitar Rp 71 ribu. Sementara harga air PDAM, 10 kubiknya saat ini Rp 52.460. Jadi masih di bawah 4 persen dari UMK,” tambahnya.

Ia menambahkan, untuk pemakaian dalam jumlah besar, PDAM memberlakukan harga kesepakatan. “Artinya harga yang sudah disepakati bersama antara pelanggan dengan PDAM. Tentunya ada syarat pemakaian minimal. Semakin banyak pemakaiannya tentunya lebih berpeluang untuk mendapatkan harga lebih murah. Dan itu kesepakatan antarpelanggan satu dengan lainnya berbeda-beda,” pungkasnya. (*/rsh/tom/k2)

sumber : kaltim pos

 

 

 

 

 

Blackberry Messenger

 

Add :

 

Sahabat PDAM Bpp

 

PIN : 26E8F050

 

 

Facebook

 

Add :

 

Pdam Kota Balikpapan

 

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

Anda disini: Home Tarif Air PDAM Naik 9,41 Persen